Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel
Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel

WISATA KULINER SEBAGAI PENOPANG PARIWISATA BUDAYA BERKELANJUTAN DI KOTA DENPASAR

Sulistyo, Eko (Unknown)
Sukmana, IWK.Teja (Unknown)
Mertayasa, Gede Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Artikel ini membahas obyek wisata kuliner yang berkembang di Kota Budaya Denpasar. Data penelitian diperoleh melalui observasi, kajian kepustakaan dan wawancara mendalam dengan pelaku usaha kuliner, konsumen produk kuliner serta pemerhati pariwisata budaya Bali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa obyek wisata kuliner yang memikat wisatawan adalah makanan dan minuman tradisional khas Bali, antara lain berupa aneka jaje Bali, lawar, babi guling, ayam betutu dan sate lilit yang selain telah dijadikan menu hotel berbitang juga dipasarkan melalui warung makan dan restoran secara offline dan online (Goject/Go food). Keberadaan produk kuliner burupa makanan-minuman tradisional yang bisa diakses secara online telah memantapkan citra Denpasar sebagai kota budaya sekaligus sebagai smart city yang terdukung layanan digital. Selain itu, perkembangan obyek wisata kuliner di Kota Denpasar dapat meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat Kota Denpasar serta menopang keberlanjutan pariwisata budaya Bali Kata Kunci: wisata kuliner, pariwsata budaya, Kota Denpasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

manajemen_pelayanan_hotel

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel (JMPH) is a journal that publishes results of tourism and hotel studies researches. All articles in JMPH have passed reviewing process by peer reviewers and edited by editors. JMPH is published by Akademi Komunitas Manajemen Perhotelan Indonesia twice a year, June ...