Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel
Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel

PENGARUH KEPEMIMPINAN, KEPUASAN KERJA, DISIPLIN KERJA DAN KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN JEMBRANA

Susila, Bagus Putu Ekadharma (Unknown)
Lindawati, Ni Putu (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, kepuasan kerja, disiplin kerja dan kinerja pegawai pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jembrana. Kuesioner yang disebarkan kepada 38 responden merupakan perwakilan dari seluruh anggota populasi. Penelitian ini, mempergunakan teknik analisis regresi dengan pengujian hipotesis menggunakan Uji t dan Uji F. Hasil Uji t menunjukan bahwa kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja Pegawai Negeri Sipil pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jembrana. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 6,012 lebih besar dari ttabel sebesar 1,6909 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja Pegawai Negeri Sipil pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jembrana. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 4,263 > ttabel sebesar 1,6909 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja Pegawai Negeri Sipil pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jembrana. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 4,912 > ttabel sebesar 1,6909 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Kepemimpinan, kepuasan kerja dan disiplin kerja secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja Pegawai Negeri Sipil pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jembrana. Hal ini dibuktikan dengan nilai fhitung sebesar 33,591 > ftabel sebesar 3,28 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Variabel kepemimpinan sangat berpengaruh terhadap kinerja Pegawai Negeri Sipil pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jembrana dengan nilai koefisien regresi Beta paling besar diantara variabel bebas yaitu sebesar 0,580 dan nilai sig. sebesar 0,000. Kata Kunci: Kepemimpinan Kepuasan Kerja, Disiplin Kerja, Kinerja Pegawai

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

manajemen_pelayanan_hotel

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel (JMPH) is a journal that publishes results of tourism and hotel studies researches. All articles in JMPH have passed reviewing process by peer reviewers and edited by editors. JMPH is published by Akademi Komunitas Manajemen Perhotelan Indonesia twice a year, June ...