Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 8, No 3 (2022): September 2022

Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xii Di Sma Negeri 1 Suswawa Kabupaten Bone Bolango

Nurnaningsi Eka Putri (Universitas Negeri Gorontalo)
Usman Moonti (Universitas Negeri Gorontalo)
Ardiansyah Ardiansyah (Universitas Negeri Gorontalo)
Radia Hafid (Universitas Negeri Gorontalo)
Roy Hasiru (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media pembelajaan terhadap hasil belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik analisis regresi sederhana. Besarnya sampel dalam penelitian ini berjumlah 34 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemanfaatan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Nilai r-hitung 0,787 > r-tabel 0,287 dan nilai signifikan sebesar 0,252. Pemanfaatan media pembelajaran mampu memberikan kontribusi atau pengaruh sebesar 0,551 atau 55,1% terhadap hasil belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Hasil belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango tidak hanya dipengaruhi oleh pemanfaatan media pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...