Ana Bulava Jurnal Pendidikan Anak
Vol. 3 No. 1 (2022)

ANALISIS PENGARUH LAGU ANAK TERHADAP SIKAP PROSOSIAL ANAK USIA 2-4 TAHUN DI TPA PENA PRIMA SEMARANG

Ayu Lestari (Mahasiswa Program Studi PGPAUD Universitas PGRI Semarang)
Purwadi (Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang)
Ratna Wahyu Pusari (Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu permasalahan yaitu anak-anak di TPA Pena Prima Semarang yang dalam rentang usia 2-4 tahun belum menunjukan sikap prososial. Sikap prososial ditunjukkan melalui perilaku-perilaku anak ketika berinteraksi dengan teman-temannya ataupun dengan bunda, yaitu anak yang tidak peduli dengan temannya. Ketika dalam permainan kelompok anak belum bisa bekerjasama dengan teman dalam kelompoknya. Focus penelitian berdasarkan latar belakang di atas adalah bagaimana pengaruh lagu dalam Channel Nussa Official terhadap sikap prososial anak usia 2-4 tahun khususnya di TPA Pena Prima Semarang. Pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, untuk meneliti pengaruh lagu dalam Channel Nussa Official terhadap sikap prososial anak. Data dalam penelitian ini dimulai dari masuk sekolah hingga kepulangan anak yang mencakup hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lagu dalam Channel Nussa Official dapat menumbuhkan sikap prososial anak meliputi aspek sikap berbagi, kerjasama, menolong dan jujur. Saran yang dapat disampaikan adalah hendaknya lagu yang diberikan pada anak memuat pengetahuan-pengetahuan baik akademik maupun penanaman sikap dan nilai karakter serta lagu yang sesuai dengan tingkat usia anak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

abulava

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Ana Bulava Jurnal Pendidikan Anak dipublikasikan oleh Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Instutut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu. Terbit dua kali dalam setahun, jurnal ini mengundang para dosen, peneliti, dan pemerhati pendidikan anak untuk ...