Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak bermain game online terhadap perilaku siswa di MI Hidayatul Mubtadiin Nglaban Loceret Nganjuk tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini penting dilakukan sebagai langkah untuk mengembangkan aturan baru di sekolah khususnya di MI Hidayatul Mubtadiin agar perilaku salah dalam bermain game online tidak berkelanjutan dalam merusak generasi bangsa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan lokasi penelitian di MI Hidayatul Mubtadiin Nglaban Loceret Nganjuk. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi.Adapun analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah, pertama, terdapat hubungan antara kegemaran bermain game online dengan perilaku siswa. Kedua, game online dapat berfungsi sebagai tempat bersosialisasi dengan pemain lain, menghilangkan stress, melatih koordinasi saraf motorik antara mata dan tangan. Ketiga, dampak negatif dari bermain game online adalah tumbuhnya rasa kecanduan, kurangnya kontrol waktu, berbohong, mengabaikan lingkungan sekitar, perilaku agresif dan tindakan premanisme, penyalahgunaan uang, kesehatan terganggu, produktivitas menurun, terisolasi dari kehidupan sosial, dan menanamkan nilai-nilai kehidupan yang salah. Kata Kunci : Game Online, Perilaku Siswa, MI Hidayatul Mubtadiin Nglaban
Copyrights © 2022