Journal of Innovation Research and Knowledge
Vol. 2 No. 6: November 2022

MEMBANGUN KARAKTER PESERTA DIDIK MADRASAH IBTIDAIYAH DENGAN PENDEKATAN FILSAFAH SUKU LAMPUNG PIIL PESENGGIRI

Joko Supriono (Magister Keguruan Guru Sekolah Dasar, Universitas Lampung)
Muhammad Nurwahidin (Magister Teknologi Pendidikan, Universitas Lampung)
Sudjarwo Sudjarwo (Dosen S2 dan S3 FKIP, Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2022

Abstract

Pendidikan karakter menjadi sebuah permasalahan yang harus mendapat porsi serius saat ini. Madrasah Ibtidaiyah sebagai lembaga pendidikan yang menekankan pada konsep religi dan nilai-nilai etika yang baik harus lebih mengembangkan dan membumikan pendidikan karakter terhadap peserta didik. Dengan cepatnya pertumbuhan teknologi yang memberikan pengaruh kurang baik terhadap peserta didik, maka pendidikan karakter harus lebih ditekankan pada pengembangan moral yang terpuji, tata keramah, dan sopan santun dapat diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi pustaka pada literatur berupa buku, jurnal, artikel dain lainnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah filsafat Piil Pesenggiri masyaratakat adat Lampung daat penjadi pendekatan pendidikan Karakter di Madrasah yang ada di Provinsi Lampung. Piil Pesenggiri sebagai filsafat adat masyarakat Lampung. Piil Pesenggiri memiliki makna harga diri suku Lampung, terdiri dari: (1) Juluk Adok dengan sifat karakter yang di kandung adalahn religius, tanggung jawab, persaudaraan, toleransi; (2) Nemui Nyimah mengandung unsur solidaritas, keramahan, kesopanan, saling membantu; (3) Nenggah Nyappur terkandung unsur karakter kesopanan, toleransi, kerukunan dalam masyarakat, mengutamakan kepentingan bersama; (4) Sakai Sambayan mengandung konsep pendidikan karakter gotong-royong, persaudaraan, kerjasama. Dari ke empat komponen tersebut Piil Pesenggiri mengandung unsur-unsur pendidikan karakter yang di harapkan oleh pemerintah sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yang tertuang di Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIRK

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Journal of Innovation Research and Knowledge, published by Bajang Institute. Published in two formats, print and online, print version of ISSN: 2798-3471 and the online version of ISSN: 798-3641, both of which are published every month. The scope of the journal studies broadly includes: Culture (a ...