DIKMAT: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 3, No 01 (2022): April 2022

Pemecahan Masalah Matematika Ill Structured: Kasus Perbandingan Trigonometri Sudut Istimewa Berdasarkan Teori APOS

Nurlailatun Ramdani (STKIP Harapan Bima)
Azra Fauzi (STKIP Harapan Bima)
Muhammad Salahuddin (STKIP Harapan Bima)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2022

Abstract

Penelitian yang dilakukan adalah penelitiam kualitatif dengan menggunakan bentuk penelitian studi kasus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemecahan masalah matematika ill structured: kasus perbandingan trigonometri sudut istimewa berdasarkan teori APOS. Pengambilan data dilakukan pada siswa kelas X IIS 3 SMA Negeri 2 Woha dengan pemilihan subjek penelitian menggunakan purposive sampling yaitu berdasarkan tingkat kemampuan matematika, komunikasi siswa dan rekomendasi dari guru. Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen soal essay dan instrumen wawancara yang berisi pemecahan masalah matematika ill structured: kasus perbandingan trigonometri sudut istimewa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemecahan masalah matematika ill structured: kasus perbandingan trigonometri sudut istimewa berdasarkan teori APOS yang dilakukan subjek RNY sangat baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Dikmat

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika yang diterbitkan oleh STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan Oktober dan April (dua kali setahun). Jurnal ini menerbitkan artikel studi konseptual dan menganalisis hasil penelitian ...