JURNAL PENDIDIKAN INDONESIA: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Vol 1, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian dan Inovasi

Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Kahoot Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI MA Mu’allimat NU Kudus

wahyuni, fina tri (Unknown)
Sholichah, Nilta Maratus (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2023

Abstract

Pemahaman konsep matematis termasuk kemampuan yang penting dimiliki siswa dalam belajar matematika. Kebanyakan siswa yang lebih memilih cara atau rumus cepat membuat mereka kurang memahami konsep matematika yang diajarkan. Padahal pemahaman konsep menjadi hal utama yang harus dimiliki siswa dalam belajar matematika. Penelitian ini memakai jenis eksperimen melalui pendekatan kuantitatif. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui adanya pengaruh model Problem Based Learning berbantuan Kahoot terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian yakni semua siswa kelas XI MA Mu’allimat NU Kudus yang berjumlah 268 siswa dengan sampel 88 siswa yang dipilih secara cluster random sampling. Instrumen yang dipakai yakni tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Teknik analisis data yang dipakai yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dilanjutkan dengan uji t independen untuk uji hipotesis. Hasil penelitian diperoleh adanya pengaruh model Problem Based Learning berbantuan Kahoot terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas XI MA Mu’allimat NU Kudus.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi adalah jurnal peer-review yang memiliki ISSN (2807-3878) yang diterbitkan oleh Penerbit Widina di bawah Badan Hukum CV. Widina Media Utama sejak tahun 2021. JPI merupakan media terintegrasi untuk komunikasi berkelanjutan terkait dengan ...