Suska Journal of Mathematics Education
Vol 8, No 2 (2022)

Proses Berfikir Refraktif Calon Guru Program Studi Pendidikan Matematika FTIK IAIN Bukittinggi Pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak (KPB)

Haida Fitri (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Aniswita Aniswita (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Tifani Tifani (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kemampuan refraktif calon guru berkemampuan tinggi, sedang dan rendah di prodi Pendidikan matematika IAIN Bukittinggi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 2 orang calon guru untuk masing-masing tingkat kemampuan yaitu berkemampuan tinggi, sedang dan rendah yang mengambil matakuliah Kalkulus Peubah Banyak. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan refraktif dan pedoman wawancara. Tes dan pedoman wawancara dikembangkan dari 8 indikator kemampuan berfikir refraktif dan divalidasi oleh ahli. Sebelum digunakan tes diujicobakan untuk mendapatkan tes yang valid dan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif model Miles dan Hubermen yang terdiri dari 3 tahapan yaitu reduksi data, menyajikan data, verifikasi data atau menarik kesimpulan. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi metode dan waktu. Triangulasi metode dengan membandingkan lembar jawaban calon guru dengan hasil wawancara sedangkan triangulasi waktu dengan membandingkan lembar jawaban dan wawancara tahap 1 dengan tahap 2. Hasil penelitian menunjukkan calon guru kemampuan tinggi mampu mendiskripsikan masalah dan menafsirkan serta memberikan simbol dalam bentuk representasi matematis dengan lengkap

Copyrights © 2022