Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISA Kuningan
Vol. 3 No. 3 (2022): Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISA Kuningan

Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Pada Pembelajaran Matematika

Putri Pradani, Adhistami (Unknown)
Ratna Komalasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2022

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini sesuai dengan observasi yang telah dilakukan peneliti bahwa masih rendahnya kemampuan berpikir kritis pada siswa terhadap pembelajaran matematika pada materi bangun ruang. Hal ini dilihat dari siswa yang masih kurang mampu menjawab soal dalam materi bangun ruang. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre-eksperimen dengan pretest-posttest one group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 di SDN 4 Cilimus Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan. Variabel dalam penelitian ini variabel bebas (x) kemampuan berpikir kritis dan variabel (y) pendekatan realistic mathematics education (RME). Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes. Tes yang berupa soal uraian pretest dan posttest untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah pembelajaran. Analisis data penelitian ini menggunakan uji instrumen dan uji statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas V sebelum dan sesudah perlakuan. (2) terdapat peningkatan (gain) kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas V sebelum dan sesudah penerapan realistic mathematics education (RME). Kesimpulan dari penelitian ini adalah prndekatan realistic mathematics education (RME) cocok untuk diterapkan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi bangun ruang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jfkip

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISA KUNINGAN [p-ISSN 2746-7740 | E-ISSN 2746-2196] adalah jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Islam Al-Ihya Kuningan. Jurnal Fakultas Ilmu Keguruan & Ilmu Pendidikan UNISA KUNINGAN akan menerbitkan artikel ilmiah dalam lingkup ilmu Keguruan & ...