Naturalistic : Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 7 No. 1 (2022): Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran

Efektivitas Penggunaan Model Dan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa SD

Fany Isti Fauzia (Unknown)
Ilma Siti Salamah (Universitas Pendidikan Indonesia)
Rifqi Taufiqul Hakim (Unknown)
Muhamad Fikri Zulfikar (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Keterampilan menulis merupakan keterampilan yang sulit untuk dikuasai oleh siswa terutama siswa SD. Dalam pelaksanaanya pun masih terdapat beberapa hambatan, salah satunya terdapat beberapa siswa yang merasa jenuh dan bosan pada saat pembelajaran. Tujuan p enelitian ini adalah untuk mengetahuiefektifatautidaknyapenggunaanmodeldanmediapembelajarandalamupayapeningkatan keterampilan menulis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka yang menghasilkan data secara deskriptif mengenai efektifitas penggunaan metode dan model pembelajaran keterampilan menulis. Hasil penelitian menunjukan bahwa berbagai model dan media yang diterapkan dalam pembelajaran keterampilan menulis terdapat respon positif dan perubahan yang signifikan yang membuat siswa tertarik dan termotivasi untuk mengikuti pembelajaran, hal tersebut menunjukan bahwa penggunaan model dan media pembelajaran ini berjalan dengan efektif dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

naturalistic

Publisher

Subject

Education

Description

Lingkup artikel yang diterima adalah: 1. Metodologi Pembelajaran (Pendekatan, Media, Metode, Model, Strategi) 2. Pedagogik 3. Filsafat Pendidikan 4. Psikologi Pendidikan 5. Kurikulum 6. Pendidikan Agama 7. Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pembelajaran, IPA, IPS, PKn, B. Indonesia, Matematika, B. ...