JURNAL PENDIDIKAN TEMATIK DIKDAS
Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas

Penerapan Metode PQ4R Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI SD

Dihan, Wardah (Unknown)
Hidayat, Marzul (Unknown)
Nugraha, Ugi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman dengan menerapkan Metode PQ4R dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa. Jenis Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). PTK ini menggunakan dua siklus dengan setiap siklus dua kali pertemuan. Hal ini dapat dilihat dari instrumen hasil penilaian keterampilan membaca pemahaman siswa dari setiap siklus sudah memberikan peningkatan yang signifikan misalnya siklus I pertemuan ke-1 sebanyak 65,2%, siklus I pertemuan ke-2 sebanyak 49,4%, siklus II pertemuan ke-1 sebanyak 83,2%, dan siklus II pertemuan ke-2 sebanyak 77%. Dari hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VI.A shift 1 SD Negeri 66 Kota Jambi.  Kata Kunci: Metode PQ4R, Keterampilan Membaca Pemahaman

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPTD

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesian Basic Education Journal terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan Desember dangan e-ISNN 2527-6905 berisi tulisan gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktisi dan hasil penelitian dan pengajaran dalam bidang keilmuaan pendidikan dasara termasuk pendidikan sekolah ...