KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia
Vol 5 No 1 (2022): Katalis: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia

Peningkatan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI pada Materi Hidrokarbon Melalui Penerapan Kombinasi Metode Student Teams Achivement Division (STAD) dan Structur Eexercise Methode (SEM)

sugiyo (Unknown)
ratih permana sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2022

Abstract

Hasil belajar kimia siswa kelas XI MIA 1 Pada Materi Hidrokarbon (Alkana, Alkena danAlkuna) SMA Negeri 5 Kejuruan Muda menunjukkan nilai ketuntasan belajar dibawah nilai ketuntasanbelajar kelas yaitu sebesar 38,46%,selain itu partisipatif siswa selama pembelajaran pun masih terbilangrendah. Penerapan metode belajar saat ini belum cukup efektif untuk mencapai ketuntasan belajarsiswa. Melalui inovasi pembelajaran menggunakan kombinasi metode Student Teams AchivementDivision (STAD) dan Structure Exercise Methode (SEM) diharapkan dapat meningkatkan hasil belajarkimia siswa kelas XI MIA1 SMANegeri 5 Kejuruan Muda.Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui apakah penggunaan kombinasi metode Student Teams Achivement Division (STAD) danStructure Exercise Methode (SEM) dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga mencapaiketuntasan belajar secara klasikal sebesar 80%. Pembelajaran dengan menggunakan kombinasi metodeStudent Teams Achivement Division (STAD) dan Structure Exercise Methode (SEM) mampumeningkatkan hasil ketuntasan belajar dan keaktifansiswa kelas XI MIA1SMA Negeri 5 KejuruanMuda menajdi diatas nilai rata-rata ketuntasan belajar kelas.Dari hasil penelitian tersebut, kesimpulanyang dapat diambil adalah penggunaan kombinasi metode Student Teams Achivement Division (STAD)dan Structure Exercise Methode (SEM) dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas XI MIA1SMA Negeri5 Kejuruan Muda, sehingga mencapai standar ketuntasan belajar secara klasikal yangdiharapkan yaitu sebesar 80%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

katalis

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Katalis, merupakan jurnal ilmiah yang dalam bidang penelitian kimia dan pendidikan kimia yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samudra. Jurnal Katalis terbit secara berkala dua kali setiap tahunnya yaitu edisi Januari-Juni dan ...