Penilaian ini bertujuan untuk mengembangkan produk e-handout android bernuansa kontekstual pada materi pemanasan global yang digunakan sebagai media pembelajaran sehingga mempermudah guru dalam menjelaskan materi dan dapat memanfaatkan alokasi waktu yang tersedia di sekolah agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Jenis penelitian adalah R&D menggunakan model Plomp dengan subjek uji kelayakan perorangan 3 orang siswa, kelompok kecil 6 orang siswa dan uji kemudahan 32 orang siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Padang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Penilaian ini menghasilkan produk berupa e-handout android yang valid untuk digunakan berdasarkan penilaian dari validator ahli media dengan presentase rata-rata sebesar 97% dengan kategori “Sangat Valid”. (2) Angket kelayakan siswa sebesar 97% dengan kategori “Sangat Layak”. (3) Respon guru dan siswa terhadap angket kemudahan penggunaan e-handout, guru sebesar 98% dan siswa sebesar 93% dengan kategori “Sangat Mudah”. Sehingga pengembangan e-handout android bernuansa kontekstual yang dikembangkan ini telah layak digunakan dalam proses pembelajaran karena telah memenuhi kriteria kevalidan, kelayakan, dan kemudahan dalam penggunaan.
Copyrights © 2022