Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi numerasi siswa kelas XI MIPA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah kelas XI MIPA pada salah satu SMA Negeri di Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi dengan jumlah 31 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.Soal yang digunakan sebanyak 11 soal tes berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan siswa memiliki kemampuan yang bervariasi. Tingkat kemampuan literasi numerasi siswa berada pada kategori cakap dengan rata-rata 60,9% siswa telah menjawab benar. Kemampuan literasi numerasi siswa berada pada kategori perlu intervensi khusus sebanyak 1 orang, kategori dasar sebanyak 6 orang, kategoricakap sebanyak 18 orang, dan kategorimahir sebanyak 6 orang. Secara keseluruhan siswa memiliki kemampuan yang cukup baik pada indikator mengestimasi dan menghitung; menggunakan pecahan, desimal, persen dan perbandingan; menggunakan penalaran; dan menggunakan pengukuran yang semuanya berada pada kategori cakap dengan persentase jawaban benar berturut-turut 64,52 %, 72,58%, 62,90%, dan 59,68% sedangkan indikator mengnterpretasi informasi masih dalam kategori dasar dengan presentase jawaban benar sebesar 49,46%. Sehingga dapat disimpulkan kemampuan literasi numerasi siswa cukup baik. Namun, masih diperlukan tindakan lebih lanjut dalam mengasah kemampuan siswa terutama dalam meningkatkan literasi numerasi siswa dalam pembelajaran fisika.
Copyrights © 2022