Journal of Community Service
Vol 4 No 1 (2022): JCS, June 2022

PENINGKATAN KUALITAS TATA KELOLA LEMBAGA KEUANGAN BERBASIS KOMUNITAS DENGAN IMPLEMENTASI GOOD CORPORATE GOVERNANCE

Annisa Ciptagustia (Unknown)
Maya Sari (Unknown)
Vanessa Gaffar (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Lembaga keuangan berbasis komunitas termasuk salah satu jenis lembaga keuangan mikro (LKM) dan diyakini sebagai solusi efektif bagi masyarakat kelas menengah ke bawah sebagai akses jasa keuangan. LKM berperan dalam memberikan jasa pengembangan usaha dan pemberdayaan masyarakat, baik pinjaman, pembiayaan dan pengelolaan simpanan anggotanya. Salah satu bentuk LKM yang popular adalah koperasi. Namun, eksistensi koperasi aktif dari tahun 2016-2020 sebanyak 81.686 terindikasi tidak aktif. Penilaian keaktifan secara kelembagaan dan usaha telah melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT), yang mengindikasikan sudah berbadan hukum. Permasalahannya adalah koperasi tidak berbadan hukum. Hal ini terkait rendahnya literasi tata kelola dan sederhana. Seperti tidak adanya AD/ART, tidak adanya laporan kinerja sehingga jauh dari kesan professional. Mitranya Koperasi swadaya warga RT.04 dan RT.03 di lingkungan Komplek Margahayu Raya Barat Bandung. Maka tujuan kegiatan ini yaitu meningkatkan kualitas tata kelola dengan menerapkan Good Corporate Governance (GCG). Metode yang digunakan sosialisasi dan workshop kepada seluruh perangkat koperasi. Hasil kegiatan ini adalah tersedianya AD/ART tertulis dan disepakati seluruh anggota serta penerapan GCG.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JCS

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

Journal of Community Service (JCS) is a peer-reviewed journal that focuses on critical studies of community service. Investigated the education, science and technology, soio-economy and bussiness, and cultural & society. Besides focusing on the service of studies issues of basic education, JCS ...