Formosa Journal of Multidisciplinary Research (FJMR)
Vol. 1 No. 6 (2022): October 2022

Hubungan Kegiatan Ekstrakurikuler dengan Rasa Percaya Diri Peserta Didik dalam Memasuki Dunia Kerja/Usaha di SMK Bhakti Kencana Pamanukan, Kabupaten Subang

Euis Rohayati (Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung)
Nandang Budiman (Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung)
Eka Sakti Yudha (Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Hubungan ekstrakurikuler dengan rasa percaya diri peserta didik dalam memasuki dunia kerja/usaha, Rasa percaya  diri peserta didik dalam memasuki dunia kerja/usaha di SMK Bhakti Kencana Pamanukan, Kabupaten Subang.  Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan terhadap 74 siswa kelas XII yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler komputer, kelas kecantikan dan kelas memasak.Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket/kuesioner dengan skala likert, dengan butir instrument sebanyak 49 butir. Uji instrument dilakukan pada 42 orang siswa kelas XII jurusan farmasi dan asisten keperawatan. Analisis data menggunakan model Rasch, dengan perangkat lunak winsteps. Dari hasil analisis data diperoleh rasa percaya diri peserta didik yang tinggi dalam memasuki dunia kerja/usaha di SMK Bhakti Kencana Pamanukan, Kabupaten Subang. Berdasarkan analisis korelasi, didapat nilai 0,750749439 yang berarti terdapat korelasi yang kuat antara kegiatan ekstrakurikuler dengan rasa percaya diri peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fjmr

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Formosa Journal of Multidisciplinary Research (FJMR) is a multidisciplinary journal published by Formosa Publisher. Formosa Journal of Multidisciplinary Research (FJMR) is published every month (monthly). Formosa Journal of Multidisciplinary Research (FJMR) is a peer reviewed, open access, and ...