Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika Indonesia
Vol. 4 No. 2 (2022)

Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Topik Pelajaran Tentang Gaya Gesek: Indonesia

Barinta Nur Respasari (Universitas Mataram)
Heppy Dwi Santika (Universitas Mataram)
Yosi Hasana (Universitas Negeri Medan)
Hikmawati (Universitas Mataram)
Joni Rokhmat (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dijadikan landasan dalam menyusun rencana pembelajaran agar guru mata pelajaran fisika dapat meminimalisir dan dapat mengatasi terjadinya miskonsepsi siswa pada konsep gaya gesek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode literature review. Peneliti mengumpulkan sumber referensi yang relevan sebagai bahan untuk membuat pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab terjadinya miskonsepsi diakibatkan oleh informasi yang keliru dari teman, guru, atau sumber rujukan belajar lain, dan tidak lengkapnya pemahaman siswa terhadap konsep gaya gesek yang mereka pelajari. Pemikiran asosiatif siswa pada konsep gerak suatu objek secara keseluruhan dengan konsep gerak relatif objek yang mengalami gesekan, intuisi dalam bentuk gagasan yang diberikan oleh siswa muncul secara spontan tanpa sebelumnya secara objektif dan rasional diteliti/dianalisis. Reasoning yang salah atau tidak lengkap ketika siswa menganalisis gerak yang terjadi pada benda. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi miskonsepsi  bagi guru antara lain: mencari atau menemukan bentuk-bentuk miskonsepsi, mencari penyebab terjadinya miskonsepsi, dan memilih metode yang sesuai untuk mengatasi miskonsepsi tersebut. Keywords: misconceptions; student; friction

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jppfi

Publisher

Subject

Physics Other

Description

Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika Indonesia (JPPFI): |p-ISSN: 2746-9972, e-ISSN: 2777-1288| diterbitkan dua kali dalam setahun (Periode Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Desember 2019 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima dalam Bahasa ...