SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme
Vol 4 No 3 (2022): Pendidikan Islam dan Multikulturalisme

Pengembangan E-Modul Seroid pada Materi Listrik bagi Siswa Sekolah Dasar

Mentu, Jeisi Riska Merdekawati (Unknown)
Azizah, Azizah (Unknown)
Cahyani.R, Dhini Dwi (Unknown)
Febriana, Mutia (Unknown)
Rahma, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2022

Abstract

Kurangnya media pembelajaran yang terdapat di sekolah berakibat pada proses pembelajaran. Guru tidak melaksanakan kegiatan praktikum pada kompetensi materi praktek. Sehingga kemampuan psikomotor dan kognitif siswa menjadi rendah. Oleh karena itu, penelitian ini mengembangkan modul berbasis android yaitu e-modul serli. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul serli berbasis Android (E-Modul Seroid) pada materi listrik kelas VI sekolah dasar memenuhi kriteria valid dan kriteria praktis. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan ini meliputi: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, dan revisi produk. Subjek penelitian ini terdiri dari tim ahli media, ahli materi, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan penyebaran angket. Hasil analisis data diperoleh bahwa nilai validitas media sebesar 82% dengan kriteria sangat valid. Nilai validitas materi yang terdiri dari self instruction sebesar 92% dengan kriteria sangat valid, self contained sebesar 100% dengan kriteria sangat valid, stand alone sebesar 75% dengan kriteria valid, adaptif sebesar 91,7% dengan kriteria sangat valid, dan user friendly sebesar 75% dengan kriteria valid. Hasil ujicoba pengguna (guru) memperoleh nilai sebesar 100% dengan kriteria sangat praktis dan pengguna (siswa) sebesar 92,3% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan E-Modul Serli berbasis android (e-modul seroid) untuk materi listrik di Kelas VI SD yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

scaffolding

Publisher

Subject

Education

Description

SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, merupakan jurnal yang membahas tentang isu-isu Pendidikan, Pendidikan Islam, dan Multikulturalisme mutakhir sebagai bentuk pengejawantahan ilmu pengetahuan seputar pendidikan dan pendidikan Islam guna membangun peradaban. Jurnal ini terbit ...