Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan kancing huruf terhadap kemampuan mengenal huruf vokal dan konsonan anak kelas B. penelitian ini data dikumpulkan melalui observasi terhadap 30 orang anak di Kelas B. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif. Pengolahan data menggunakan program komputer SPSS series 21 Analisis kuantitatif melalui uji t yaitu uji hipotesis yaitu uji t Paired Samples t Test. Berdasarkan dari data penelitian yang dilakukan kemampuan mengenal huruf vokal dan konsonan anak sebelum dan sesudah penggunaan permainan kancing huruf baik dari hasil skor interval yang mengalami peningkatan, dan nilai rata-rata pada Posttest mengalami peningkatan. Jika sebelum penerapan media kancing huruf nilai minimum sebesar 18 dan nilai maksimum sebesar 25 terjadi peningkatan setelah penerapan media pembelajaran kancing huruf dimana nilai minimum sebesar 36 dan nilai maksimum sebesar 45 dengan demikian terdapat peningkatan.
Copyrights © 2022