Pembelajaran sains pada anak usia dini bukan hanya sekedar memindahkan pengetahuan guru kepada murid. Dalam pembelajaran sains di butuhkan teknik dan pendekatan tertentu agar menarik minat anak sehingga muncul rasa ingin tahu dan keinginan untuk melakukan kegiatan percobaan yang akan meningkatkan pemahaman anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran sains anak usia 5-6 tahun di Tk Two M Kid’s Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan anak kelompok B yang berjumlah 5 orang yang terdiri dari 3 laki-laki dan 2 perempuan. Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran sains anak usia 5-6 tahun di Tk Two M Kid’s sudah sesuai dengan pedoman pengelolaan pembelajaran PAUD kurikulum 2013 dan dapat membuat pembelajaran sains anak menjadi efektif. Hal ini di lihat dari kemampuan anak dalam melakukan aktivitas mengamati dengan seluruh indera nya, menanyakan hal-hal yang ingin ia ketahui, menalar atau menghubungkan pengalaman yang dimiliki dengan yang baru di dapat, mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, dan mengkomunikasikan kegiatan belajar mengajar pada pembelajaran sains melalui bahasa lisan atau hasil karya.
Copyrights © 2022