Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya prestasi belajar peserta didik kelas V di SD Negeri 13 Regol yaitu sebanyak 43% siswa nilainya masih berada di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Prestasi belajar merupakan hasil interaksi antara berbagai faktor yang mempengaruhi salah satunya adalah motivasi berprestasi. Motivasi berprestasi memberikan andil untuk meraih prestasi belajar yang optimal. Penelitian bertujuan untuk menguji hubungan antara motivasi berprestasi dan prestasi belajar berdasarkan urutan kelahiran. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif korelasional yang bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan prediktif dengan menggunakan teknik korelasi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket motivasi berprestasi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri 13 Regol tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 50 orang dan terdiri atas 4 urutan kelahiran yaitu anak sulung, tengah, bungsu dan tunggal. Teknik analisis data menggunakan statistik korelasional. Adapun temuan penelitian yaitu: 1) motivasi berprestasi anak sulung, anak tengah dan anak tunggal berada pada kategori sedang, 2) prestasi belajar anak sulung, tengah, bungsu dan tunggal berada pada kategori sangat baik, 3) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar berdasarkan urutan kelahiran.
Copyrights © 2020