Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model strategi penjualan produk Fruit Salad Lampung (FSL) menggunakan Soft System Methodology. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah pemilik produk Fruit Salad Lampung dan karyawan Fruit Salad Lampung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi peningkatan penjualan produk Fruit Salad Lampung merupakan sejumlah strategi untuk meningkatkan kapabilitas dan kualitas para pemain di perusahaan yang sangat kompetitif khususnya dalam menghadapi persaingan global dan ASEAN. Satu dari pendekatan Soft System Methodology dapat menjelaskan permasalahan dengan baik dan menemukan model konseptual sebagai perumusan strategi peningkatan penjualan Fruit Salad lampung. Melalui pelibatan berbagai pemangku kepentingan, baik pemerintah, swasta maupun lembaga penelitian, direkomendasikan untuk lebih meningkatkan berbagai program pengembangan guna meningkatkan strategi pemasaran produk Fruit Salad Lampung. Hasil penelitian menyimpulkan 3 pedoman, pertama adalah menggunakan program pemerintah daerah melalui instansi terkait untuk merumuskan strategi pengembangan pasar. Kedua, sistem sertifikasi produk. Ketiga, dalam rangka mempromosikan dan menjamin produknya, inisiatif sendiri akan melibatkan komunitas peminat makanan sehat di tingkat lokal, serta lembaga penelitian, baik universitas maupun pemerintah
Copyrights © 2022