DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra
Vol. 2 No. 3 (2022)

Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah dengan Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas XI SMA Aksara Bajeng

St. Nur Indah Sari (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Andi Paida (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Ika Zulfika (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2022

Abstract

Tujuan penelitian meningkatkan keterampilan menulis ilmiah dengan menerapkan pendekatan kontekstual di SMA Aksara Bajeng. Pendekatan kontekstual merupakan pendekatan pembelajaran yang menghubungkan atau mengaitkan antara materi pembelajaran dengan kehidupan nyata yang terjadi di lingkungan peserta didik. pendekatan kontekstual (contextualization and learning atau model pembelajaran) adalah konsep pembelajaran yang memberikan kontribusi kepada guru untuk menghubungkan materi ke dalam situasi nyata. Berdasarkan hasil penelitian, tindakan kelas yang telah dilakukan dua siklus dalam peningkatan keterampilan menulis karya ilmiah pada makalah melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas XI SMA Aksara Bajeng. Hal tersebut terbukti dengan adanya nilai hasil tulisan siswa yang telah mengalami peningkatan setiap siklus, nilai data siklus pertama nilai terendah siswa 60 dan nilai tertinggi siswa 85, pada siklus kedua nilai siswa yang terendah 65 dan nilai siswa yang tertinggi 100. Data pada kondisi awal nilainya rata-rata 68,1 dengan data nilai ketuntasan 55,55%, kemudian siklus pertama data nilai rata-rata meningkat 72,0 dengan data nilai ketuntasan 70,37%, dan pada siklus kedua data nilai rata-rata 75,1 dengan data nilai ketuntasan 103,7%. Kata kunci: Peningkatan keterampilan menulis karya ilmiah dengan pendekatan kontekstual

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

deiktis

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

DEIKTIS: Journal of Language and Literature Education is an academic journal published in April, August and December by the Indonesian Muslim Lecturer Association. This journal presents scientific articles on Learning, Education, Literature, Linguistics, ...