Kepala Sekolah memegang peranan penting dalam perkembangan lembaga pendidikan, bertanggung jawab terhadap proses pembinaan tenaga kependidikan,  untuk itu Kepala sekolah harus mengetahui segala potensi tenaga kependidikan. Untuk meningkatkan kualitas tenaga kependidikan Kepala sekolah dituntut untuk dapat menciptakan upaya dalam peningkatan profesionalisme kerja tenaga kependidikan. Tenaga kependidikan dapat dikatakan profesional jika telah memiliki 4 kompetensi (kompetensi kepribadian, sosial, metodik  spesialis). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi kinerja, profesionalisme kerja, dan upaya Kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas profesionalisme kerja tenaga kependidikan di MA Kapetakan. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) Gambaran kinerja yang dilakukan tenaga kependidikan yaitu dengan melaksanakan pengelolaan kurikulum, kesiswaan, kepegawaian, keuangan, sarana prasarana, hubungan masyarakat, dan pengelolaan kearsipan 2) Profesionalisme kerja menunjukkan bahwa masih terdapat tenaga kependidikan yang double job, mismatch, kurang menguasai IT, dan kurang kesadaran akan peningkatan profesionalisme kerja 3) upaya yang dilakukan Kepala Sekolah yaitu dengan mengikutsertakan diklat, IHT (In House Training), kursus komputer, evaluasi setiap semester, wokshop dan belajar ke jenjang yang lebih tinggi. Kata Kunci: Kepala Sekolah, Profesionalisme, Tenaga KependidikanThe head of the School plays an important role in the development of educational institutions, responsible for the process of coaching staffs, for it is the Head of the School should be aware of all potential personnel. To improve the quality of educatiojatinal personnel School principal required to be able to create an effort in improving the professionalism of the personnel. Personnel may be said to be a professional if you already have a 4 competence (competence of the personality, social, methodical specialist). This research is a qualitative research. This research aims to know the description of the performance, professionalism, and the efforts of the Head of the school in improving the quality of professionalism of the personnel in MA Kapetakan. The results of the research can be explained as follows: 1) an Overview of the performance of committed educators, namely by carrying out the management of the curriculum, student, personnel, finance, infrastructure, public relations, and management of the archives 2) the Professionalism of the work shows that there are still educators who double job, mismatch, less master IT, and lack of awareness will increase the professionalism of the work 3) the efforts made Head of the School is to include training, IHT (In House Training), computer courses, the evaluation of each semester, workshop and learning to a higher level.Keywords: Principal, Professionalism, Personnel 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022