Artikel ini bertujuan untuk melihat efektifitas penggunaan handout digital dengan strategi question student have dalam perkuliahan daring pada mata kuliah pendahuluan fisika inti. Metode penelitian berupa eksperimen semu (quasi eksperimen) desainnya one-group pretest-postest Desain berbantuan elearning dengan aplikasi zoom cloud meeting dan google meet. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengungkap sesuatu dengan apa adanya. Mengajar merupakan tugas utama dosen di Perguruan Tinggi sebagai bagian dari Tri Darma Pergururan Tinggi, dalam melaksanakan tugas ini tenaga pengajar selalu berkeinginan untuk memberikan sajian kepada mahasiswa dengan cara-cara yang memudahkan mahasiswa untuk memahami materi dan tidak membosankan. Pembelajaran yang bervariatif dapat dilakukan dengan berbagai usaha, salah satunya dengan menyediakan bahan ajar yang bervariatif juga seperti handout digital yang dapat diakses dengan mudah tanpa internet, yang dilengkapi dengan video-video singkat untuk menambah penjelasan. Selain itu, penggunaan handout memiliki pengaruh yang kuat terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa. Peningkatan hasil belajar mahasiswa dapat dilihat dari hasil pretest dan posttest melalui gain ternormalisasi dengan membandingkan hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan handout digital. Penggunaan handout digital sebagai alternatif bahan ajar dapat meningkatkan hasil belajar sebesar 67,6%. Hal ini menunjukkan bahwa materi digital dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar pendahuluan fisika inti ada perkuliahan daring.
Copyrights © 2022