Al-Mursyid : Jurnal Ikatan Alumni Bimbingan dan Konseling Islam (IKABKI)
Vol 4, No 2 (2022): JURNAL AL-MURSYID EDISI JULI-DESEMBER

IMPLEMENTASI LAYANAN INFORMASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI SMK NEGERI 13 MEDAN

Fadilla Annisa Putri (Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan niversitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Ira Suryani (Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan niversitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Sri Wahyuni (Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan niversitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Membaca merupakan sebuah aktifitas yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan sebuah informasi dari apa yang dibaca. Membaca merupakan halyang sangat penting dilakukan agar seseorang mendapatkan informasi ataupengetahuan baru yang belum ia ketahui sebelumnya. Minat membaca sangatdiperlukan agar seseorang bisa secara suka rela untuk terus membaca agar informasiatau pengetahuan yang ia punya bertambah banyak dan luas.Jenis penelitian yangdigunakan adalah penelitian kualitatif desktiprif dan yang menjadi informan terdiridari 8 orang dengan tekhnik yang digunakan dalam pengumpulan data denganwawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitianini dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data dan memberikesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi layanan informasidalam meningkatkan minat baca siswa selama pembelajaran daring di SMK Negeri13 Medan sudah berjalan dengan baik, terdapat beberapa siswa yang menunjukkanperubahan baik dan positif meskipun belum sepenuhnya siswa menunjukkanperubahan baik setelah diberikan layanan informasi oleh guru BK mengenai minatbacaKata Kunci : Layanan Informasi, Minat Baca, Pembelajaran Daring

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

almursyid

Publisher

Subject

Education Other

Description

Al-Mursyid Journal published by IKA BKI FITK, State Islamic University of North Sumatera Medan, Medan City, North Sumatera Province,Indonesia Al-Mursyid Journal is published since 2019 for Vol.1, No.1 and have gotten ISSN Print on March 14, 2019 and ISSN Online on 25 February, 2020. This journal ...