Rendahnya hasil belajar merupakan merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran, maka pendidik dituntut untuk segera mencari berbagai upaya untuk mencapai keberhasilan, salah satu cara yaitu dengan pemilihan metode pembelajaran yang efektif. Adapun tujuan dari penelitian ini: 1) Perbedaan tingkat hasil belajar peserta didik dengan penerapan metode pembelajaran demonstrasi pada pengukuran tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest), 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest), 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik dengan penerapan metode pembelajaran demonstrasi dan penerapan metode konvensional pada pengukuran tes akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan metode eksperimen desain Quasi Experimental Design dengan jenis desainnya yaitu Nonequivalent Control Group Design. Keimpulan dari hasil penelitian adalah: 1) Terdapat perbedaan tingkat hasil belajar peserta didik dengan penerapan metode pembelajaran demonstrasi pada pengukuran tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest); 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest), 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik dengan penerapan metode pembelajaran demonstrasi dan penerapan metode konvensional pada pengukuran tes akhir (posttest).
Copyrights © 2022