J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Vol 3, No 3 (2022): OKTOBER

METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Fuji Bayu Lestari (Jurnal)
Yuyun Susanti Susanti (Unknown)
Nur Rizqi Arifin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Rendahnya hasil belajar merupakan merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran, maka pendidik dituntut untuk  segera mencari berbagai upaya untuk mencapai keberhasilan, salah satu cara yaitu dengan pemilihan metode pembelajaran yang efektif. Adapun tujuan dari penelitian ini: 1) Perbedaan tingkat hasil belajar peserta didik  dengan penerapan metode pembelajaran demonstrasi pada pengukuran tes awal (pretest) dan tes  akhir (posttest), 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran  konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest), 3) Perbedaan hasil  belajar peserta didik dengan penerapan metode pembelajaran demonstrasi dan penerapan metode  konvensional pada pengukuran tes akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan metode  eksperimen desain Quasi Experimental Design dengan jenis desainnya yaitu Nonequivalent Control  Group Design. Keimpulan dari hasil penelitian adalah: 1)  Terdapat perbedaan tingkat hasil belajar peserta didik dengan penerapan metode pembelajaran  demonstrasi pada pengukuran tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest); 2) Terdapat perbedaan hasil  belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal  (pretest) dan pengukuran akhir (posttest), 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik dengan  penerapan metode pembelajaran demonstrasi dan penerapan metode konvensional pada  pengukuran tes akhir (posttest). 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

J-KIP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) merupakan jurnal untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang Pendidikan. Terbit secara berkala satu tahun tiga kali yakni pada bulan Februari, Juni dan Oktober. J-KIP dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh dan ...