Penelitian di latarbelakangi bahwa adanya hasil belajar siswa yang masih rendah di Sma Negeri 1 Kawali. Adapun rendahnya hasil belajar siswa di sebabkan oleh beberapa faktor diantaranya metode pembelajaran yang guru terapkan kurang tepat, kurangnya media pembelajaran yang guru terapkan dan kurangnya antusias siswa dalam belajar. Adapun tujuan dari penelitian ini: (1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada pengukuran awal (pre-test) dan pengukuran akhir (post-test). (2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Konvensional pada pengukuran awal (pre-test) dan pengukuran akhir (post-test). (3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Konvensional pada pengukuran akhir (post-test). Di dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design yaitu Nonequivalent Control Group Design.Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). (2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). (3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) bila dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest).
Copyrights © 2022