J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Vol 3, No 3 (2022): OKTOBER

PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 KAWALI

Agnis Fauziah Fitriany (Unknown)
Maman Herman (Unknown)
Ilah ilah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Penelitian di latarbelakangi bahwa adanya hasil belajar siswa yang masih rendah di Sma Negeri 1 Kawali. Adapun rendahnya hasil belajar siswa di sebabkan oleh beberapa faktor diantaranya metode pembelajaran yang guru terapkan kurang tepat, kurangnya media pembelajaran yang guru terapkan dan kurangnya antusias siswa dalam belajar. Adapun tujuan dari penelitian ini: (1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL)   pada pengukuran awal (pre-test) dan pengukuran akhir (post-test). (2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Konvensional pada pengukuran awal (pre-test) dan pengukuran akhir (post-test). (3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Konvensional pada pengukuran akhir (post-test). Di dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design yaitu Nonequivalent Control Group Design.Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). (2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). (3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) bila dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

J-KIP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) merupakan jurnal untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang Pendidikan. Terbit secara berkala satu tahun tiga kali yakni pada bulan Februari, Juni dan Oktober. J-KIP dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh dan ...