Jurnal Zarah
Vol. 10 No. 2 (2022): Jurnal Zarah

EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL BELAJAR LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN MEDIA AJAR CHEMDRAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GUGUS FUNGSI

suffi pratiwi (Universitas Negeri Medan)
Mangiring SimareMare (Universitas Negeri Medan)
Tita Juwitaningsih (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya dominasi penggunaan metode ceramah, tanpa bantuan media pembelajaran terkhusus pada pembelajaran kimia organik di SMA Negeri 4 Kisaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model Learning cycle 5E berbantuan media Chemdraw dan model Learning cycle 5E berbantuan media PPT pada materi turunan senyawa hidrokarbon dan gugus fungsi di kelas XII, serta menguji efektivitas media Chemdraw apabila di perbantukan dengan model Learning cycle 5E. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model Learning cycle 5E berbantuan media Chemdraw dan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model Learning cycle 5E berbantuan media PPT pada materi senyawa turunan hidrokarbon dan gugus fungsi. Hal ini dilihat dari hasil uji mann whitney dengan perolehan nilai signifikansi sebesar 0,001<0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Serta perolehan nilai posttest dari kelas eksperimen sebesar 86,6, lebih unggul dibandingkan kelas kontrol dengan perolehan nilai posttest sebesar 80,2. Media Chemdraw termasuk media yang cukup efektif diperbantukan dengan model belajar Learning cycle 5E dengan nilai N-gain Score sebesar 0,538 yang termasukdalam kategori sedang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

zarah

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Zarah menerbitkan artikel hasil penelitian, pengembangan, dan kajian literatur tentang berbagai topik dalam bidang Pendidikan Kimia dan Ilmu ...