Kontribusi: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 3 No. 1 (2022): November 2022

Edukasi Pemasangan Tali Sepatu Untuk Melatih Kemandirian Pada Siswa Kelas 4-6 SDLB Tuna Grahita Surakarta

Ashabul Jannah Kholiliyah (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Afifah Nur Fauzani (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Nurrofifah Luthfi Amjad (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Alya Aufa Gamal (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Klarissa Salsa Bila Maharani (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Arif Pristianto (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Adnan Faris Naufal (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2022

Abstract

Anak tunagrahita adalah anak dengan kemampuan intelektual dan kognitif yang berada di bawah rata-rata anak pada umumnya. Anak dengan tunagrahita biasanya kurang baik dalam keterampilan untuk kegiatan sehari-hari secara normal, tingkat kemandirian anak tunagrahita juga kurang dari anak seusianya. Tingkat kemandirian yang rendah dapat mengganggu aktivitas kehidupan sehingga diperlukan penanganan khusus untuk meningkatkan kemandirian pada anak tunagrahita. Tujuan pelatihan untuk melatih kemandirian anak tunagrahita dalam aktivitas mengikat tali sepatu. Metode yang digunakan yaitu mahasiswa berpartisipasi secara langsung dalam kegiatan yang diselenggarakan dari diskusi hingga penatalaksanaan acara di SDLB C Tuna Grahita Surakarta. Permainan yang diberikan seperti mengikat tali sepatu, menyamakan angka, dan menyamakan warna. Hasil kegiatan dengan memberikan permainan tersebut meningkatkan kemandirian dan kognitif pada anak tunagrahita. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kontribusi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering Health Professions Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Kontribusi merupakan jurnal berbasis pengabdian kepada masyarakat yang berfokus pada bidang keilmuan yaitu Pendidikan, Sosial, Teknik, Sains dan Kesehatan. Jurnal Dedikasi dikelola oleh Penerbit Cipta Media ...