Estoria: Journal of Social Sciences & Humanities
Vol 3, No 1 (2022): Estoria: Journal of Social Sciences & Humanities

Ragam Metode Pembelajaran Kontekstual untuk Pembelajaran Sejarah

Evitasari, Okta (Unknown)
Prasetya Santosa, Yusuf Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk menjelaskan beberapa metode pembelajaran kontekstual yang dapat diterapkan pada pembelajaran sejarah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah studi kepustakaan, dimana sumber yang digunakan adalah buku dan jurnal penelitian. Hasil penelitian ini ialah metode penelitian kontekstual yang dimaksud ialah secara operasional, dimana indikatornya ialah dalam proses pembelajaran peserta didik diberikan ruang yang cukup sehingga dapat terlibat secara aktif. Terdapat beberapa metode pembelajaran kontekstual, seperti metode pembelajaran tanya jawab, metode pembelajaran inkuiri dan metode pembelajaran diskusi. Keberhasilan metode pembelajaran kontekstual sangat bergantung kepada kemampuan guru sejarah dalam menerapkannya dalam pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

estoria

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Publishes articles in provides space for academic debate and critical thinking to explore: 1. History Education ; from all areas such as formal and informal education systems, comparative education, and policy in a range of settings. 2. History ; from all areas and periods and has played an ...