Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA)
Vol 3, No 2 (2022): JP-IPA: Nov 2022

Pengaruh Kecerdasan dan Adversity Quotient Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Algoritma

Hilal, Samsu (Unknown)
Roidelindho, Kiki (Unknown)
Rumbiak, Julio Eiffelt Rossafelt (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecerdasan dan Adversity Quotient terhadap hasil belajar matakuliah algoritma. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian adalah mahasiswa Agroekoteknologi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa semester ganjil dipilih secara random sejumlah 60 mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan anova dua jalan. Instrumen berupa data template test potensi akademik tingkat kecerdasan mahasiswa saat masuk universitas, angket quisioner skala likert untuk mengetahui adversity quotient mahasiswa dan instrumen tes hasil belajar matakuliah fisika konsep algoritma gerak dua dimensi yang telah di validasi sebelumnya. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan hasil belajar matakuliah algoritma antara mahasiswa yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi dan mahasiswa yang memiliki kecerdasan  rendah. Hal ini di buktikan dengan nilai Fh = 111,946 Ft = 4,08. 2) terdapat perbedaan hasil belajar matakuliah algoritma antara mahasiswa yang memiliki Adversity Quotient tinggi dengan mahasiswa dengan Adversity Quotient rendah. Hal ini di buktikan dengan Nilai Fh = 27,731 Ft = 4,08. 3) tidak terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara kecerdasan dengan Adversity Quotient. Hal ini di buktikan dengan nilai Fh = 0,00 Ft = 4,08

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JP-IPA

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Physics

Description

JP-IPA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam terbitan STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan Mei dan November (dua kali setahun). Jurnal ini adalah jurnal ilmiah yang dapat diakses terbuka yang menerbitkan artikel hasil konseptual dan hasil penelitian empiris pendidikan IPA ...