DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 5, No 2 (2022): VOLUME 5, NUMBER 2, 2022

Analisis Kemerosotan Jumlah Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Magelang

Handara Tri Elitasari (Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Purworejo)
Yeni Rakhmawati (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2022

Abstract

Peserta didik sebagai kegiatan inti dalam pendidikan. Apabila tidak ada peserta didik maka tidak ada kegiatan pendidikan. Pada era persaingan sekarang ini peserta didik sebagai unsur utama yang harus di kelola dengan baik. Penurunan jumlah peserta didik akan berdampak pada keberlanjutan suatu sekolah. Jenis penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif. Tujuan penelitian ini yakni menganalisis kemerosotan jumlah peserta didik di sekolah dasar negeri melalui analisis SWOT. Data dikumpulkan studi literature dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan analisis SWOT meliputi kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunities), dan ancaman (threats). Berdasarkan analisis SWOT, maka kemerosotan jumlah peserta didik sekolah dasar negeri di Kabupaten Magelang harus segera ditangani. Jika dibiarkan maka minat masyarakat terhadap sekolah dasar negeri semakin menurun yang mengakibatkan terjadinya regrouping sekolah. Hal ini mendorong sekolah untuk melakukan strategi peningkatan jumlah peserta didik melalui berbagai kebijakan seperti program sosialisasi PPDB, program beasiswa, program kegiatan ekstrakurikuler, program pelatihan guru professional dan program kelompok kerja guru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar is an international, open access, multidisciplinary, double-blind peer-reviewed journal that is online publishes two times in a year. DIDAKTIKA distributes articles that relate to both meta-analysis (include systematical review) and research and their ...