Wacana Akademika : Majalah Ilmiah Kependidikan
Vol 6 No 3 (2022): November 2022

Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Hasil Belajar Fisika Siswa SMK Negeri 3 Yogyakarta

Eko Mulyadi (SMK Negeri 5 Yogyakarta)
Sony Yunior Erlangga (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Dhimas Nur Setyawan (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2022

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar Fisika siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Setiap siklus meliputi empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil prestasi dalam belajar. Peningkatan kreativitas pada siklus 1 sebesar 78,00, pada siklus 2 sebesar 83,70, dan siklus 3 sebesar 82,34 terjadi peningkatan sebesar 5,7. Pencapaian pra siklus rata-rata 32,00, siklus 1 rata-rata 59,68, pada siklus 2 rata-rata 60,71, siklus 3 rata-rata 71,93, .Penelitian ini 3 siklus, karena pada siklus 3 kreativitas siswa sudah mencapai 80, dan daya serap siswa mencapai 70. Model PBL perlu diterapkan karena peningkatan kreativitas dan hasil belajar.

Copyrights © 2022