Keterampilan proses sains merupakan salah satu keterampilan yang digunakan untuk menerapkan konsep-konsep ilmu pengetahuan secara rinci dengan disertai media teka-teki silang dapat membantu mempermudah peserta didik untuk mencapai kompetensi yang baik. Sikap ilmiah juga mempengaruhi hasil kompetensi yang akan dicapai. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media teka-teki silang terhadap keterampilan proses sains dan sikap ilmiah peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Bandar Lampung. Hasil uji hipotesis menunjukkan secara individual model pembelajaran Discovery Learning disertai media teka-teki silang mempengaruhi keterampilan proses sains dan Sikap Ilmiah. Selain itu, secara bersama-sama (simultan) Keterampilan Proses sains dan Sikap Ilmiah siswa yang diberi perlakuan model Discovery Learning berbantuan media teka-teki silang lebih baik dibandingkan kelompok siswa yang mendapat perlakuan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together.
Copyrights © 2022