Phinisi Integration Review
Volume 5 Nomor 3 Tahun 2022

Pemberian LKPD Berbantuan Scaffolding pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 5 Kota Ternate

Hernita Pasongli (Universitas Khairun)
Eva Marthinu (Universitas Khairun)
Susana R Bahara (Universitas Khairun)
Akson Akson (Universitas Khairun)
Muhamad Ihsan Azhim (Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2022

Abstract

The aims of this study were: 1) to determine the effect of providing LKPD assisted by Scaffolding on learning outcomes for geography subjects. 2) by presenting scaffolding it can improve student learning outcomes at SMP Negeri 5 Ternate City. This research is a quasi-experimental research with nonequivalent Control Group Design. This study used two classes, namely the experimental class and the control class. The sample was selected by random sampling, namely class VIIa and VIIb with the research instrument used was a test question. The results of data analysis obtained homogeneity and normal distribution, then continued with (test) so that it showed differences in learning outcomes and treatment before the study in the experimental class. The n-gain analysis obtained a value of 0.74 with high criteria with the conclusion that the provision of scaffolding-assisted LKPD can improve student learning outcomes. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengetahui pengaruh pemberian LKPD berbantuan Scaffolding pada Hasil Belajar mata Pelajaran geografi. 2) dengan pemberian LKPD berbantuan  scaffolding dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 5 Kota Ternate. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperiment dengan desain nonequivalent Control Group Desaign. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas ekperimen dan kelas control. Sampel terpilih secara random sampling yaitu kelas  VIIa dan VIIb  dengan instrument penelitian yang digunakan adalah soal tes. Hasil analisi data diperoleh homogenitas dan distribusi normal, kemudian dilanjutkan dengan (uji t) sehingga menunjukan adanya perbedaan hasil belajar dan sebelum perlakuan penelitian pada kelas eksperiment. Analisis n-gain diperoleh nilai 0,74 dengan kriteri tinggi dengan kesimpulan bahwa pemberian LKPD berbantuan scaffolding dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pir

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Phinisi integration review dikelola oleh program studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar dengan ISSN: 2614-2317 (online) dan ISSN: 2614-2325 (Cetak), terbit 2 kali dalam setahun pada bulan februari dan agustus. Phinisi integration review ...