Biology Teaching and Learning
Vol 5, No 2 (2022): Desember

Korelasi Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Adversitas dengan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 5 Soppeng Pada Masa Pandemi Covid-19

NP Sri Ramadani Alam (Universitas Negeri Makassar)
Nurhayati Nurhayati (Universitas Negeri Makassar)
Rachmawaty Rachmawaty (Universitas Negeri Makassar)
Nurlinda Nurlinda (SMA Negeri 5 Soppeng)
Mignia Mignia (SMA Negeri 5 Soppeng)
Sulfiana Sulfiana (SMA Negeri 5 Soppeng)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2022

Abstract

Abstrak. Penelitian ini adalah penelitian expost-facto yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan adversitas dengan hasil belajar siswa secara parsial dan simultan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IPA SMA Negeri 5 Soppeng tahun pelajaran 2020/2021. Pengambilan sampel melalui teknik stratified random sampling sehingga diperoleh sampel 213 orang siswa. Variabel bebas dalam penelitian adalah kecerdasan emosional dan kecerdasan adversitas, sementara variabel terikatnya adalah hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa soal hasil belajar dan angket. Teknik analisis data yaitu dengan analisis deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis data inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara kecerdasan emosional dan kecerdasan adversitas dengan hasil belajar Biologi siswa.Kata Kunci: Kecerdasan emosional, kecerdasan adversitas, hasil belajar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

btl

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Biology Teaching and Learning is a journal that publishes the latest research into the biology teaching and learning, assessment of biology, development of biology learning and teaching strategy, biology tecahing media and learning resources. It is owned by Department of Biology, Faculty of ...