Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
2017: Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya

Peran Berpikir Analogi dalam Memecahkan Masalah Matematika

Ardani, Riska Ayu (Unknown)
Ningtiyas, Fitri Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2017

Abstract

Memiliki pengetahuan dan kemampuan berfikir adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Siswa tidak dapat mengembangkan kemampuan berpikir tanpa bahan pengetahuan, sebaliknya kemampuan berpikir akan memperkaya pengetahuan. Kemampuan berpikir dalam proses belajar matematika salah satunya adalah mengenai kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika. Matematika merupakan konsep real, relasi atau operasi dan prinsip yang bersifat abstrak sehingga untuk memecahkan masalah tidak cukup hanya dengan pemahaman dasar tetapi dibutuhkan adanya proses berpikir yang tinggi. Bepikir analogi dalam menyelesaikan masalah matematika adalah aktifitas mental siswa dalam menyelesaikan masalah target menggunakan struktur relasional penyelesaian masalah sumber. Berpikir analogi dalam menyelesaikan masalah melibatkan berpikir untuk mengaitkan pengetahuan yang sudah pernah dialami dengan permasalahan yang akan diselesaikan. Beberapa hasil penelitian dan kajian teori menunjukkan bahwa berpikir analogi menjadi suatu hal yang penting dalam mengembangkan tingkat kemampuan berpikir siswa untuk memecahkan masalah.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

knpmp

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Konferensi ini diadakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta untuk mewadai ide-ide baru dalam bidang Penelitian ...