Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kecerdasan emosi, dukungan keluarga dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Dalam penelitian ini jenis data yang digunakan merupakan data primer, data diperoleh dengan memakai kuesioner sebagai instrumen penelitian yang kemudian disebarkan kepada 86 responden. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Matematika angkatan 2018 Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa yang berjumlah 86 orang siswa, dan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh Metode sampling jenuh adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan menjadi sampel. Apabila populasi yang diambil kurang dari 100 maka semua populasi dapat dijadikan sampel agar mempermudah penelitian, Sedangkan Uji analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis dekriptif, uji asumsi klasik, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, analisis regresi linier berand, uji hipotesis, uji parsial, uji simultan, uji koefisien determinasi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu kecerdasan emosi mempunyai pengaruh yang negatif terhadap prestasi belajar, dukungan keluarga mempunyai pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar, motivasi belajar mempunyai pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar.
Copyrights © 2022