E-JUPEKhu
Vol 10, No 2 (2022)

Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media flip chart Bagi Anak Tunagrahita Ringan (Classroom Action Research Kelas III DI SLB Negeri Pinangsori)

Pasaribu, Meilani (Unknown)
Budi, Setia (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dihadapi oleh anak tunagrahita ringan yang tidak mengenal huruf vokal dan tidak bisa membaca suku kata. Adapun tujuan penelitian ini agar anak tunagrahita ringan bias membaca menggunakan flipchart kelas III SLB Negeri Pinangsori. Desain penelitian yang penulis gunakan berbentuk PTK. Data dikumpulkan melalui pengamatan terhadap pelaksanaan, dokumentasi kegiatan, kemudian diolah secara kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian, nilai didapat AS pertemuan satu sampai empat: 40%, 40%, 45%, dan 55%. Sedangkan DW memperoleh nilai 35%, 35%, 40%, dan 50%, sementara IB memperoleh nilai 45%, 45%, 50% dan 60%. Sedangkan pada siklus II kemampuan siswa meningkat secara signifikan, nilai yang didapat AS pertemuan satu sampai empat yaitu 60%, 70%, 80%, dan 90%. Sedangkan DW memperoleh nilai 65%, 70%, 80%, dan 95%, sementara IB memperoleh nilai 70%, 75%, 85% dan 100%. Berdasarkan uraian diatas, maka penulis menyimpulkan bahwa kemamapuan membaca anak tunagrahita ringanbisa ditingkatkan menggunakan media flipchart.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jupekhu

Publisher

Subject

Education

Description

JUPPEKhu: Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of special education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Early Intervention of Children with Special Needs 2) Identification and Assessment of Children with Special Needs 3) ...