E-JUPEKhu
Vol 10, No 2 (2022)

Meningkatkan Keterampilan Vokasional Batik Ikat Celup dengan Strategi Joyful Learning Pada Anak Tunagrahita Ringan di SLB Negeri Merangin

Maharani, Dwi Hervina (Unknown)
Armaini, Armaini (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2022

Abstract

Pada anak tunagrahita ringan di SLB Negeri Merangin diajarkan batik ikat celup, hal ini karena pengerjaannya membutuhkan alat dan bahan yang lebih sederhana dari batik tulis sehingga lebih mudah untuk dipelajari oleh anak tunagrahita ringan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses belajar mengajar keterampilan vokasional membuat batik ikat celup dengan menggunakan strategi Joyful Learning pada anak tunagrahita ringan kelas XI di SLB Negeri Merangin. Penelitian ini termasuk pada kategori Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian yang akan dilakukan pada tanggal 8-22 Juni 2022. Pada siklus I siswa sudah mendapatkan tindakan dari guru dengan strategi Joyful Learning. Terlihat skor yang meningkat dibandingkan sebelum diberikan tindakan yaitu dengan hasil skor Siswa AZ dari pertemuan pertama hingga pertemuan ke empat mendapatkan nilai 50%, 55%, 60%, 65%. DA dari pertemuan pertama hingga pertemuan ke empat mendapatkan nilai 45%, 50%, 55%, 60%. Siswa AK dari pertemuan pertama hingga pertemuan keempat mendapatkan nilai 40%, 40%, 45%, 50%. Pada siklus II mengalami siswa peningkatan dan mendapatkan skor Siswa AZ mendapat nilai 70%, 75%, 80%, 85%. Siswa DA mendapat nilai 65%, 70%, 75%, 80%. Siswa AK mendapat nilai 55%, 60%, 65%, 70%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jupekhu

Publisher

Subject

Education

Description

JUPPEKhu: Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of special education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Early Intervention of Children with Special Needs 2) Identification and Assessment of Children with Special Needs 3) ...