Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 11, No 2 (2022): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

KETERBACAAN BUKU TEKS KURIKULUM MERDEKA BAHASA INDONESIA KELAS 7 DENGAN GRAFIK FRY

Ika Febriana (UNIVERSITAS NEGERI MEDAN)
Ayu Nadira Wulandari (Unknown)
Yuliana Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Abstrak            Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat keterbacaan wacana siswa kelas 7 SMP pada buku teks Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik simak catat. Langkah-langkah yang digunakan pada penelitian ini adalah (1) memilih wacana pada kegiatan membaca di buku teks untuk sampel yang dianalisis, (2) menganalisis wacana menggunakan formula Grafik Fry, (3) menemukan tingkat keterbacaan wacana siswa, (4) mengelompokkan hasil analisis pada diagram lingkarandalam bentuk persentase dan membahasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 42% dari 12 wacana yang dianalisis sesuai dengan tingkat keterbacaan, 5 wacana sesuai dengan tingkat kelas dan 7 wacana tidak sesuai dengan tingkat kelas. Dari 7 wacana yang tidak sesuai dengan tingkat kelas, 5 wacana tergolong sangat mudah dan 2 wacana tergolong sangat sulit. Kata Kunci: Formula Grafik Fry, Kurikulum Merdeka, Tingkat Keterbacaan Wacana, Buku Teks Bahasa Indonesia 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basastra

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Basastra MENU Focus and Scope Flag Counter web analytics View My Stats OPEN JOURNAL SYSTEMS Journal Help USER You are logged in as... basastra My Journals My Profile Log Out INFORMATION For Readers For Authors For Librarians HOME ABOUT USER HOME SEARCH CURRENT ARCHIVES FOCUS & SCOPE CONTACT ...