EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 6 (2022): December 2022

Penguasaan Kosakata Berbahasa Mandarin Terhadap Capaian Standar HSK Level 4

Lily Thamrin (Universitas Tanjungpura, Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2022

Abstract

Mengikuti perkembangan jaman era digital saat ini, mempelajari bahasa asing sudah bukan suatu hal yang asing lagi. Selain Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin juga menjadi salah satu mata pelajaran bahasa asing yang dipelajari dari Pendidikan usia dini hingga perguruan tinggi. Namun sesuai dengan ketentuan pembelajaran bahasa terutama dalam penguasaan  bahasa asing haruslah di ukur dengan tes kemampuan bahasa asing seperti halnya bahasa Inggris yaitu dengan tes TOEFL, sedangkan bahasa Mandarin menggunakan Tes HSK. HSK adalah Ujian standarisasi yang digunakan untuk mengukur kemahiran berbahasa mandarin bagi penutur asing. HSK dibagi  menjadi 6 level. Dari hasil simulasi tes yang dilakukan terhadap mahasiswa FKIP Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin didapatkan bahwa mahasiswa yang lulus sebanyak 78,4% mahasiswa, sedangkan terhadap penguasaan kosakata HSK level 4 sebanyak 81%. Selain itu juga didapatkan bahwa hambatan yang dihadapai mahasiswa dalam penguasaan kosakata HSK level 4 ini lebih dominan disebabkan oleh faktor interen mahasiswa itu sendiri. Kemandirian mahasiswa dalam belajar merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan berbahasa mahasiswa itu sendiri.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...