EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 6 (2022)

Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbantu Google Form mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam

Suyati Suyati (IAIN Salatiga, Indonesia)
Fatchurrohman Fatchurrohman (IAIN Salatiga, Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2022

Abstract

Lembar Kerja Siswa merupakan bahan ajar yang sering digunakan dalam pembelajaran, danĀ  sangat membantu siswa dalam pembelajaran aktif dengan materi yang dipelajarinya. Seorang guru dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam memberikan pembelajaraan. Pada penelitian ini akan mengembangkan Lembar Kerja Siswa berbantu Google Form mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Tujuan penelitian ini adalah menganalis kebutuhan, mengembangkan dan menguji efektivitas Lembar Kerja siswa berbantu Google Form mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan prosedur pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementasi dan Evaluation). Tehnik pengumpulan data dengan: wawancara, angket dari ahli desain, ahli materi ahli pengguna dan subyek uji coba. Uji coba dilakukan dengan uji coba terbatas dan uji coba luas. Hasil analisis menunjukkan bahwa Lembar Kerja Siswa yang dikembangkan sangat layak digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan penilaian ahli materi dengan skor 92,8% dengan kriteria sangat layak sedangkan penilaian ahli media dengan skor 93,3% dengan kriteria sangat layak. Dalam uji wilcoxon hasil data t.5.900 P= 0.00 < 0.05

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...