Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran Matematika pada bangun ruang dengan metode demonstrasi melalui media tiga dimensi model penampang kelas V semester 2 SD Terpadu Ma’arif Gunungpring Tahun Ajaran 2021 / 2022. Hasil penelitian ini menunjukkan siklus II dari siswa berjumlah 29 siswa yang tamapak dalam keaktifan proses pemelajaran ada 26 siswa atau 89,65% dari jumlah siswa dan tampak kreatifitasnya ada 27 siswa atau 93,10% dari julamh siswa, dan tampak kerjasama ada 28 siswa atau 96,55% dari jumlah siswa. Dengan demikian rata rata peranserta siswa dalam pembelajaran sudah di atas 75%. Hasil tindakan ini yang mendapat sama atau di atas KKM ada 89,65%.jadi tindakan kelas ini berhasil. perilakau tanggung jawab ada 25 siswa atau 86,20%, untuk percaya diri ada 26 siswa atau 89,65% dan kemandirian ada 27 siswa atau 93,10 %.semua sudah di atas 75%, dapat di simpiulkan perubahan perilaku dari hasil tindakan kelas ini berhasil.
Copyrights © 2022