Jurnal Profesi Kependidikan
Vol 3, No 2 OKT (2022)

Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning

Hariyani Hariyani (SMPN 1 Ambarawa)
Adnan Adnan (Universitas Negeri Makassar)
Amira Amira (SMPN 8 Makassar)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi Pencemaran Lingkungan di SMPN 1 Ambarawa. Subyek penelitian kelas VIIA SMPN 1 Ambarawa. Metode penelitian yang digunakan eksperimen dengan teknik analisis deskriptif presentase. Dari hasil penelitian diperoleh hasil belajar kognitif peserta didik pada siklus 1 diperoleh rata–rata 85 dengan ketuntasan klasikal 81,25%, dan pada siklus 2 diperoleh rata–rata 86,9 dengan ketuntasan klasikal 90,4%. Berdasarkan fakta ini maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah bisa meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik Kelas VII SMPN 1 AmbarawaKata Kunci: Model Pembelajaran PBL, Hasil Belajar kognitif

Copyrights © 2022