Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika
Vol 18, No 3 (2022): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA

HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 19 MAKASSAR

Rika Mansur (Universitas Negeri Makassar)
Salamang Salmiah Sari (Universitas Negeri Makassar)
Bunga Dara Amin (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto yang bersifat korelasi bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dan motivasi belajar dengan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI SMAN 19 Makassar yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah 130 perserta didik. Sampel penelitian yang digunakan sebagai subjek penelitian diperoleh dengan Teknik simple random sampling dan terpilih dua kelas sampel penelitian yaitu kelas XI MIA 3 dan XI MIA 4 dengan ukuran keseluruhan sampel 60 peserta didik. Instrumen penelitian ini menggunakan dua kuesioner non tes yang terdiri 40 butir untuk variabel kepercayaan diri dan 30 butir untuk variabel motivasi belajar serta tes hasil belajar yang terdiri dari 20 soal. Hubungan kepercayaan diri dan motivasi belajar dengan hasil belajar diperoleh nilai koefisien korelasi 0,83 dengan nilai Fhitung sebesar 13,23 dan Ftabel 1,671 karena nilai Fhitung > Ftabel hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan dengan koefisien determinan 68,8%.

Copyrights © 2022