Jambura Economic Education Journal
Vol 5, No 1 (2023): JANUARY 2023

SURVEI TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP EKONOMI KREATIF

Lisa Nursita (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Nurhalisyah Nurhalisyah (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Maghfira S (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Andi Salma (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman terhadap konsep ekonomi kreatif. Ekonomi kreatif diharapkan dapat menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia dimasa depan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel 98 mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket melalui google form yang sebelumnya telah di uji validitas dan reliabilitas. Instrumen dibuat dengan menggunakan Skala Guttman dan Skala Likert. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei yang hasilnya kemudian dikategorisasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep ekonomi kreatif pada mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar tergolong kategori sedang. Dapat dikatakan pencapaian pemahaman konsep ekonomi kreatif belum maksimal, maka diperlukan upaya untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam rangka menggerakkan minat berwirausaha yang kreatif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jej

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

The Jambura Economic Education Journal (JEEJ) aims to help researchers, students and lecturers publish their works for public audiences and find new connections. The Jambura Economic Education Journal (JEEJ) considers original research articles and reviews articles in the field of research on ...