PEDAGOGI
Vol 8 No 2 (2022): AGUSTUS

E-Book Interaktif Menggambar Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS)

Julaikah - Julaikah (Universitas Negeri Surabaya)
Martadi Martadi (Pasca Sarjana Program Studi Seni Budaya Universitas Negeri Surabaya)
Warih Handayaningrum (Pasca Sarjana Program Studi Seni Budaya Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Kemajuan pendidikan era 4.0 menjadikan penggunaan teknologi sebagai sarana terpenting dalam mendukung proses pembelajaran terutama pada penggunaan bahan ajar ebook. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana proses pengembangan bahan ajar, mendeskripsikan kualitas pengembangan bahan ajar dan mendeskripsikan keefektifan bahan ajar ebook yang dikembangkan. Prosedur penelitian ini menggunakan Model ADDIE untuk menggambarkan pendekatan secara sistematis dalam pengembangan produk yang di kembangkan berupa bahan ajar ebook interaktif. Validitas ebook di ukur berdasarkan 3 komponen yakni berdasarkan ahli materi, ahli bahasa dan ahli kegrafikaan dengan hasil sangat layak. Kepraktisan ebook berdasarkan keterbacaan dan keefektifan ebook di ukur melalui peningkatan hasil belajar siswa respon peserta didik dan guru sebagai objek uji coba dengan hasil baik. Keefektifan berdasarkan respon dan reaksi siswa dalam proses pembelajaran minimal baik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan ebook interaktif menggambar untuk melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas VII SMP yang valid, praktis dan efektif.Kata kunci: pengembangan, ebook interaktif,  kemampuan berpikir tingkat tinggi

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Pedagogi

Publisher

Subject

Education Other

Description

PEDAGOGI merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Surabaya. Jurnal ini memfokuskan pada publikasi hasil penelitian, kajian dan telaah ilmiah kritis dan komprehensif dalam bidang ilmu murni anak usia dini dan pendidikan anak usia ...